Penting Untuk Trader
Saturday, 1 April 2017
Sunday, 16 October 2016
Saturday, 1 October 2016
Sunday, 25 September 2016
Sunday, 25 September 2016
Tuesday, 30 August 2016
Friday, 24 Juny 2016
Forex Articles
Wednesday, 31 August 2016
Sunday, 16 November 2014
Saturday, 15 November 2014
Thursday, 30 January 2014
Sunday, 22 December 2013
Sunday, 22 December 2013
Sunday, 22 December 2013
Saturday, 21 December 2013
Saturday, 21 December 2013
Saturday, 21 December 2013


Jenis-Jenis Broker
Posted date : Sunday, 17 April 2016
By : admin - view : 305 Kali

Broker dapat dibedakan menjadi dua jenis: Dealing Desk (DD) dan No Dealing Desk (NDD). Broker DD disebut juga dengan Market Makers, sementara broker NDD terbagi menjadi dua jenis, yaitu Straight Through Processing (STP) dan Electronic Communication Network + Straight Through Processing (ECN+STP). Bagannya adalah sebagai berikut:

 

Broker DD

Broker DD memperoleh keuntungan melalui spread. Broker DD ini dapat dikatakan menciptakan pasar dan nilai tukar buatan mereka sendiri untuk para klien. Mungkin kesannya ada sedikit manipulasi, namun sebenarnya tidak. Market maker tetap menyediakan pilihan sell dan buy dan mereka tidak peduli mana nantinya yang akan dipilih oleh trader.

Keunggulan dari broker DD ini biasanya adalah fasilitas yang mereka tawarkan seperti leverage yang tinggi hingga 1:1000, bebas bunga, spread kecil (terkadang fixed spread), bonus-bonus menarik, hingga dengan melakukan transfer langsung dengan pihak ke-tiga. Pokoknya segala hal yang sekiranya membuat orang tertarik untuk memilih mereka sebagai broker.

Kekurangan dari broker DD adalah, karena broker ini adalah market maker alias bandar, maka mereka akan mencari keuntungan dengan melawan trading kliennya dengan cara memperlambat eksekusi order, server sering down atau gangguan, harga yang freeze, dilarang menggunakan teknik tertentu atau apapun agar trading kita loss. Karena jika kita loss, maka mereka akan profit. Jika kita loss $1000 maka mereka akan mendapat income $1000. Gambaran ini adalah gambaran kasar. Tidak ada salahnya apabila ada beberapa dari kita yang ingin bergabung dengan broker DD ini, dengan syarat, carilah broker besar yang teregulasi alias legal, sehingga jika kita menang, mereka mampu membayar kemenangan kita. Dengan teregulasi dan legal, maka "kecurangan" mereka tidak akan terlewat batas dan dapat dipertanggungjawabkan.

 

Broker NDD

Seperti namanya NDD atau No Dealing Desk yang berarti tanpa melalui "meja" dealing, broker inilah yang memiliki arti broker sebagai jembatan. Broker NDD mengambil keuntungan dari spread yang tidak mungkin bisa fix karena mereka menyesuaikan dengan market dan biasanya spreadnya sedikit lebih besar daripada broker DD. Broker DD ini tidak melawan trading kita, sehingga mereka lebih senang apabila kita profit, bahkan broker NDD cenderung "welcome" terhadap trader scalper atau trader yang melakukan trading dengan volume sedikit-sedikit tapi sering. Karena jika kliennya profit maka mereka juga akan profit karena klien tersebut dapat membayar spread.

Ada dua jenis broker NDD. Pertama yaitu ECN. Broker ECN ini benar-benar berfungsi seperti bank-bank besar yang mempertemukan penjual dan pembeli yang menjadi klien mereka. Karena broker jenis ini benar-benar menggambarkan market yang sesungguhnya, maka biasanya leverage yang mereka tawarkan tidak akan besar. Jenis kedua adalah broker STP (Straight Through Processing). Broker STP adalah broker yang ordernya dilempar lagi ke broker yang lain, yang tentunya bukan broker DD.

Kombinasi broker DD dan NDD biasa disebut dengan broker Hybrid. Broker jenis ini pada umumnya menjadi jembatan bagi order dengan lot yang kecil (micro atau mini) dan apabila ada order dengan lot besar maka ia akan memprosesnya dengan ECN atau STP.

 


Learning Center
Pemula



Materi Dasar



Advanced